Langkah-Langkah Penelitian Semiotika
Berikut
ini langkah-langkah umum yang bisa dijadikan pedoman (Cristomy, 2001)
Penelitian Semiotika / semiotik khususnya dalam kajian Ilmu Komunikasi :
- Cari topik yang menarik perhatian anda
- Buat pertanyaan penelitian yang menarik (mengapa, bagaimana, dimana, apa)
- Tentukan alasan /rationale dari penelitian anda?
- Rumuskan penelitian anda dengan mempertimbangkan tiga langkah sebelumnya (topik, tujuan, dan rationale)
- Tentukan metode pengolahan data (kualitatif/semiotika)
- Klasifikasi data : (a) Identifikasi teks; (b) Berikan alasan mengapa teks tersebut dipilih dan perlu diidentifikasi; (c) Tentukan pola semiosis yang umum dengan mempertimbangkan hierarki maupun sekuennya atau, pola sintagmatik dan paradigmatik; (d) Tentukan kekhasan wacananya dengan mempertimbangkan elemen semiotika yang ada.
- Analisis data berdasarkan : (a) Ideologi, interpretan kelompok, frame work budaya; (b) Pragmatik, aspek sosial, komunikatif; (c) Lapis makna, intekstualitas, kaitan dengan tanda lain, hukum yang mengaturnya; (d) Kamus vs ensiklopedi.
- Kesimpulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih. segera saya akan konfirmasi.