RESUME
Materi Perkuliahan
Prof Ben
University Of Gloucestershire
Media
Hiburan, Mobilitas dan Citra Komunitas: Studi Kasus Greens on Screen
A.
Pedahuluan
Olahraga
ialah bahasa aksi yang bersifat global, tidak terbatas pada wilayah suatu
negara, bahkan lintas negara. Perubahan cara pandang olahraga dewasa in menjadi
sebuah manifestasi bisnis dalam segala lini kehidupan masyarakat. Sebagai
kekuatan dunia, olahraga bahkan mampu mempersatukan ruang-ruang budaya yang
berbeda, ruang agama yang berbeda, ruang sosial yang berbeda, ekonomi dan
politik yang berbeda. Olahraga merupakan bahasa yang universal dalam kehidupan
modern masyarakat dunia. Hadirnya olahraga dalam kehidupan paling mendasar
masyarakat dunia tidak terlepas dari perkembangan teknologi penyiaran bahwa
siaran-siaran olahraga kini menjadi bagian yang paling pokok dalam
beraktivitas, bersosial dan bermasyarakat. Hal ini juga berakar dari wilayah
yang menjadikan olahraga sebagai sebuah kekuatan global yang bersifat
universal. Olahraga menjadi media paling populer dalam rangka bisnis phonesel
atau telephone, bahwa sejumlah merek terkenal phone sel seperti Sumsung,
Vodafone dan lain-lain beriklan melalui kostum sepak bola. Teks yang tercantum
dalam kaos sepak bola menjadi media yang paling baik dalam perkembangan
periklanan di dunia. Sebagai contoh kesebelasan Mancester United merupakan klub
bola terkenal di seluruh dunia dengan sederet nama pemain terkenal menjadi
incaran perikalanan dunia.
B.
Permasalahan
Sepak
bola Eropa menjadi bisnis dunia yang mampu menyatukan budaya dengan bahasa
universal/globalnya
C.
Analisa/Diskusi
Manusia
dalam memandang sepak bola bukan lagi menannyakan dari mana atau siapa yang
menjadikan olahraga ini menjadi terkenal. Bahwa semua orang mengikuti aturan,
mekanisme, dan jadwal pertandingan yang bersifat universal. Tim-tim terkenal di
dunia menjadi panutan bagi orang untuk bersifat fanatic. Fanatisme pada sepak
bola di latar belakangi oleh beberapa faktor yaitu:
1. Faktor
sejarah berdirinya tim atau kesebelasan
2. Faktor
permainan yang cantik/cerdas
3. Faktor
pemain yang menjadi magnet dalam pertandingan
4. Faktor
pelatih yang memberikan strategi permainan yang baik
5. Faktor
negara dimana tim bermain dalam laga sepak bola
6. Dan
lain-lain.
Dengan
faktor tersebut sehingga keberadaan sepak bola sebagai sebuah industri sangat
populer dalam masyarakat dunia yang melahirkan komunitas-komunitas berdasarkan
fanatisme yang mereka yakini. Sebagai contoh komunitas IndoManUtd adalah
komunitas fanatic dari kesebelasan atau tim Manchester United Inggris yang
anggotanya mencapai 45.783. industri sepak bola Indonesia sendiri belum menjadi
perhatian yang serius dari masyarakat, hanya sebagian kecil saja masyarakat
yang menjadi fans dari sepak bola Indonesia. Forum Indonesia atas Manchester
United inilah yang digarap oleh Industri sepak bola menjadi alat promosi, atau
media promosi dari derby Manchester (kembar Manchester), yakni Manchester
United dan Manchester City yang menjadi musuh bebuyutan dalam sepak bola
Inggris.
Indonesia
dengan jumlah penggemar Manchester terbanyak di dunia menjadikan negara ini
menjadi pangsa pasar dari kedua tim, karena penduduk Indonesia sangat potensial
untuk digarap menjadi pasar dunia. Benedict Anderson menyatakan bahwa “Citra
Komunitas” ialah bangsa dan nasionalisme. Namun sepak bola bukan sekedar
berbicara tentang nasionalisme tetapi kehadiran olahraga ini menjadikan orang
yang tidak saling kenal, dengan negara atau wilayah yang berbeda tetapi mereka
seperti melakukan persatuan atau persekutuan dalam memandang tim favorit
mereka. Artinya Nasionalisme yang berakar pada tanah air sudah terlampau dalam
ruang yang lebih global tentang persatuan melalui tim sepakbola. Bahkan sepak
bola di Inggris melahirkan sejumlah bisnis media lainnya seperti game yang
terkenal.
Komunitas
dalam aktivitas mendukung tim kesayangan mereka dilakukan pada:
1. Aktivitas
sehari-hari, poster-poster dan pakaian di rumah, di jalan, terminal atau
bandara, tempat umum
2. Pengalaman
hidup, untuk bisa menyaksikan pertandingan secara langsung tim kesayangan
mereka di Inggris.
3. Pertemuan,
kegiatan berkumpul bareng antar sesame fans tim sepak bola. Pertemuan yang
dilakukan secara fisik memberikan dukungan antar satu sama lain.
Sepak
bola menjadi budaya yang dimanis dan terus bergerak. Banyak ritual yang
dijalankan oleh para fans mereka. bahwa permainan sepak bola menjadi suatu
totalitas manusia dalam berbahasa universal tanpa melihat perbedaan suku, ras,
agama dan lain-lain. Hiburan yang dilakukan secara besama-sama dalam
pertandingan sepak bola adalah aktivitas yang menyenangkan, foto bersama atau
tampil di lapangan hijau menjadi kenangan yang tidak bisa terlupakan sepanjang
hidup mereka.
D.
Kesimpulan
Sepak
bola menjadikan manusia di dunia berada pada bahasa yang universal, bahasa yang
tidak memandang perbedaan ras, agama, suku dan lain-lain. Bahasa universal
tersebut menjadi budaya yang sifatnya universal pula yang dilahirkan atas dasar
semangat dukungan dari mereka yang fanatic akan permainan sepak bola.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih. segera saya akan konfirmasi.